Tata Cara Wudhu untuk Anak

2
727

Yuk ayah bunda ajarkan wudhu pada anak-anak kita.

 

Pengertian “wudhu”

Wudhu adalah mencuci anggota wudhu dengan cara yang diajarkan oleh syariat Islam.

 

Tata cara wudhu

  1. Niat dalam hati.
  2. Membaca basmalah (ucapan “bismillah”).
  3. Meletakkan air di telapak tangan, lalu dengan air itu cuci kedua telapak tangan lalu sambung dengan telapak tangan kiri. Lakukan tiga kali (3x).
  4. Berkumur-kumur dan menghirup air ke hidung (istinsyaq) serta mengeluarkannya juga dari lubang hidung (istinsar), lewat satu ciduk tangan (separuh untuk kumur-kumur, separuh untuk dihirup ke hidung). Lakukan tiga kali (3x).
  5. Membasuh muka atau wajah sebanyak 3 kali (3x). Yang dimaksud dengan “wajah” memiliki daerah lebar dan daerah tegak lurus. Lebar wajah adalah dari daerah yang berbatasan dengan telinga kanan sampai daerah yang berbatasan dengan telinga kiri. Tinggi wajah adalah dari daerah tumbuhnya rambut kepala (yang normal) sampai dagu.
  6. Membasuh tangan dari ujung jari sampai siku sebanyak tiga kali (3x). Mulailah dengan menyela-nyela jari, dimulai dari kanan.
  7. Membasuh kepala sebanyak satu kali (1x). Caranya, basahi kedua telapak tangan, kemudian usap kepala dengan kedua telapak tangan dari kepala bagian depan (tempat biasanya tumbuh rambut) hingga ke tengkuk, lalu kembali ke depan.
  8. Dilanjutkan membasuh telinga satu kali tanpa mengambil air yang baru, dengan memasukkan jari telunjuk ke lubang telinga dan mengusap bagian luar telinga dengan ibu jari.
  9. Membasuh kedua kaki dari jari-jari sampai mata kaki, dengan menyela-nyela jari- Ini dilakukansebanyak tiga kali (3x).
  10. Membaca doa setelah wudhu.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WAHDAHUU LAA SYARIIKALAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA ROSUULUH.

 

Artikel Ruqoyyah.Com

2 COMMENTS

  1. Bismillah
    Afwan ustadz, point ke 4 yaitu beristinsyaq sepertinya ada yang kurang yaitu Berkumur-kumur.
    Mohong dikoreksi ustadz
    Baarakallahufiikum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here