Mengajak Anak Mengkhatamkan Al-Qur’an

0
891

Bagaimana mengajak anak mengkhatamkan Al-Qur’an?

Yang jelas, mengkhatamkan Al-Qur’an memang dianjurkan di bulan Ramadhan. Namun ingat, seperti itu tidaklah wajib dan tetap melihat pada kemampuan anak. Syukur-syukur, anak kita mau membaca Al-Qur’an tiap hari dan ayah bunda menemani untuk membetulkan bacaan. Namun, kalau anak kita berhasil mengkhatamkan Al-Qur’an, jangan lupa memberi hadiah yah, ayah bunda.

 

Berikut beberapa kiat mengkhatamkan Al-Qur’an untuk anak kita.

  1. Waktu-waktu yang dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an pada bulan Ramadan berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, secara umum dianjurkan pada waktu-waktu berikut ini: (1) antara azan dan iqamah untuk shalat fardu, (2) setelah selesai shalat fardu, (3) menjelang berbuka puasa, (4) waktu sahur, (5) waktu-waktu senggang di sela-sela pekerjaaan atau belajar mengajar, atau ketika menunggu sesuatu, ketika menyetir (bagi yang hafal), bahkan ketika kita berhenti menunggu lampu hijau.
  2. Kemampuan dan kekuatan setiap orang berbeda-beda. Ada yang mampu tamat sekali dalam sebulan, dua kali, tiga kali, atau lebih dari itu.
  3. Alangkah baiknya selain membanyakkan membaca Al-Qur’an juga disertai dengan menghafalkan beberapa juz selama bulan Ramadan.

Berikut ini tabel yang dapat membantu program menamatkan Al-Qur’an pada bulan Ramadan.

 

Jumlah tamatan Alquran Waktu yang tersedia dan kadar bacaan Alquran
Antara azan dan iqamah Waktu Sahur Waktu Luang
Shubuh Ashar
Satu kali 5 hal 5 hal 5 hal 5 hal
Dua kali 10 hal 10 hal 10 hal 10 hal
Tiga kali 15 hal 15 hal 15 hal 15 hal

 

Baca Juga:

Artikel Ruqoyyah.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here