Bertemu Waraqah bin Naufal dan Turunnya Wahyu Kedua

0
1392

Setelah mendapat wahyu pertama (surah Al-‘Alaq ayat 1-5), Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama Khadijah bertemu Waraqah Bin Naufal, putra paman Khadijah atau bisa disebut sepupu Khadijah.

Namanya adalah Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdil ‘Uzza bin Qushoy Al-Qurosyi Al-Asady. Waraqah itu sudah tua dan buta. Waraqah itu seorang Nasrani di masa Jahiliyah. Waraqah dapat menulis Injil dengan bahasa Arab.

Para ulama berselisih pendapat, apakah Waraqah itu termasuk sahabat ataukah hanya orang saleh. Menurut pendapat lain Waraqah itu seorang mukmin, tetapi bukan tergolong sahabat Nabi karena dia meninggal dunia pada masa fatroh (kosongnya wahyu).

Rasulullah lalu bercerita pada Waraqah mengenai wahyu yang ia dapat. Waraqah berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam akan diusir dan dimusuhi kaumnya yaitu Kaum Quraisy.

Setelah itu wahyu terputus, antara wahyu pertama dan kedua ada masa kosong (fatroh). Waktu kosongnya wahyu disebut fatroh. Waraqah bin Naufal beriman pada masa fatroh, lalu meninggal dunia.

Kemudian turunlah wahyu kedua yaitu surah Al-Mudattsir ayat 1-7. Kemudian setelah itu, wahyu berangsur-angsur turun.

 

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ (1) قُمْ فَأَنْذِرْ (2) وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ (3) وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ (4) وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ (5) وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ (6) وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْ (7)

Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan! Dan Rabbmu agungkanlah! Dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah, dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk (memenuhi perintah) Rabbmu, bersabarlah.” (QS. Al-Mudattsir: 1-7)

 

Referensi:

  1. Al-Bidayah wa An-Nihayah. Cetakan Tahun 1436 H. Ibnu Katsir. Penerbit Dar ‘Alam Al-Kutub.
  2. Ringkasan Al-Bidayah wa An-Nihayah. Ibnu Katsir. Penerbit Insan Kamil.

 

Disusun oleh:

Rumaysho Fathmah Tuasikal

 

Dikoreksi ulang oleh:

Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Ruqoyyah.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here