Ajarkan pada Anak Keutamaan Bulan Ramadan

0
1058

Ayah bunda …

Yuk ingat pada anak kita kalau sebentar lagi Ramadan tiba. Moga mereka termotivasi dengan keutamaan bulan tersebut.

Keutamaan Bulan Ramadan

  1. Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran dan kitab suci lainnya yang Allah turunkan.
  2. Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Karenanya kita semangat melakukan kebaikan di bulan Ramadan, sedangkan maksiat berkurang.
  3. Ada malam penuh kemuliaan di bulan Ramadan yaitu lailatul qadar. Ibadah di dalamnya lebih baik daripada ibadah pada seribu bulan lainnya.
  4. Bulan Ramadan itu bulan penuh rahmat, ampunan, dan banyak yang dibebaskan dari neraka.
  5. Doa di bulan Ramadan mudah dikabulkan.

 

Bulan Ramadan itu bulan diturunkannya Alquran

Allah Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan, ”(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala memuji bulan puasa –yaitu bulan Ramadan- dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya. Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab ilahiyah lainnya pada para Nabi ’alaihimus salam.”

Ayo semangat menyambut bulan Ramadan.

 

Artikel Ruqoyyah.Com

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here